Rabu, 08 Januari 2014

Tips dan Trik Membangun Rumah # 7 Cara Membuat Dinding Kuat dan Kokoh 1

Bagian 1

Dinding merupakan element penting rumah, Secara struktur ia berfungsi sebagai penyangga atap, sebagai  tempat perlindungan dan tinggal yang aman bagi penghuninya serta menyimpan barang yang sangat aman. Secara Arsitektural ia adalah sarana aktualisasi dan Visualisasi seni dan impian penghuninya untuk dilihat dan dinikmati orang lain maupun ia pribadi.

Membuat dinding yang baik dan kokoh adalah harapan setiap orang saat membangunnnya , akan tetapi  jika dikerjakan tidak sesuai prosedur yang baik, kualitas bahan dan material yang rendah maka harapan untuk memiliki dinding yang kuat dan kokok hanya ada dalam angan-angan belaka. Bahkan yang lebih berbahaya lagi dinding akan mudah retak, Goyah dan Roboh sehingga akan memakan korban harta maupun Jiwa dan keselamatan penghuninya.

Berikut ini Tips dan Trik yang harus kita ketahui dan pahami untuk membuat dinding yang kuat dan kokoh, diantaranya :

1.  Pastikan Pondasi kuat dan Kokoh
Sebelum mulai membangun dinding  yang kuat pastikan pondasi sudah kita bangun sebelumnya kuat dan kokoh, dimana dinding itu akan kita tempatkan di atas Sloof (struktur melintang yang menghubungkan tapak pondasi satu dengan lainnya), tanpa podasi yang kuat dinding akan mudah retak  dan roboh .



2. Bowplang Yang benar dan Presisi
Sebenarnya tahapan Bowplang ini adalah di awal pelaksanaan proyek (sebelum pondasi dan perataan lahan
) namun karena ada kaitannya  dengan dinding maka akan sedikit kami bahas disini.  Bowplang adalah kegiatan Marking Lokasi Proyek mengelilingi lokasi proyek , dimana posisinya berada dibatas akhir lahan atau selebihnya  yang  berupa  Penancapan Kayu/Kaso diikuti pemasangan papan triplek/kayu pada kayu yang sudak di tancapkan.
Kegiatan Bowplang berfungsi menentukan ketinggian level pondasi/lantai rumah secara keseluruhan, Selain itu Bowplang berfungsi sebagai Marking atau pembagian area bangunan secara presisi dan Siku/Tegak lurus, ketika Markingnya tidak siku mka dinding yang dihasilkannyapun menjadi miring/tidak siku. Ketidaksikuan ruangan pada awalnya tidak Nampak, namun ketika pemasangan keramik lantai itulah yang akan memperlihatkannya.

3.  Bahan Material berkualitas
Pemilihan materil yang berkualitas juga mempengaruhi kekuatan sebuah dinding yang sedang kita bangun untuk itu ada baiknya kita mengenal jenis-jenis material dinding baik kekurangan maupun kelebihannya, antara lain :
·         Batako tanah lempung
Material  Batako jenis  ini adalah batako dengan bahan dasar tanah Lempung yang Liat yang dicetak sedemikan rupa, Batako ini adalah  yang paling murah diantara lainnya, biasa digunakan untuk kontrakan, Gudang, Bengkel atau rumah  sangat sederhana 1 lantai. Jenis ini tidak kami  rekomendasikan karena tidak kuat.
·         Batako Cor
Material ini menggunakan bahan dasar pasir hitam yang di mix semen untuk kemudian di cetak dan dibentuk sedemikian rupa. Batako ini lebih mahal dan kuat dibandingkan batako Lempung, Namun untuk keuangan yang terbatas jenis ini masih bisa digunakan terutama  kalau hanya untuk rumah kontrakan, Gudang/Bengkel atau rumah 1 lantai cukup, akan tetapi perlu diperhatikan struktur besinya harus ada meskipun tidak harus besar. 1) Pondasi Sloof.  2)Kolom Praktis. 3) Ring Balok atas.


·         Bata Merah
Materia Bata merah adalah tanah lempung yang dicetak sedemikian rupa kemudian dijemur hingga kering dan Pembakaran yang sempurna hingga berwarna merah, Material ini merupakan favorit dan familier dikalangan masyarakat. Keunggulan Bata merah yaitu : Murah, kuat, berat dan tidak mudah patah. Sedangkan kekurangan Bata diantaranya nya : lebih boros, waste/sisa potongan bata banyak , memerlukan semen dan pasir lebih banyak serta Jika tukangnya kurang teliti dinding mudah bengkok dan Miring.
·         Hebel
Material Hebel adalah campuran Karang dan pasir laut yang dicampur dan diolah bahan tertentu secara pabrikasi dan dibentuk sedemikian rupa. Proses pabrikasi menghasilkan Hebel  yang berkualitas . Adapun kelebihan Hebel antara lain : 1.) Campuran Homogen, 2.) Cetakan  yang Presisi , 3) Mudah dan cepat  Aplikasinya, 4) Kuat dan Ringan. Adapun Kekurangannya : 1) Harga lebih mahal. 2) Dinding tidak sekeras bata merah, 3) memerlukan Lem Hebel yang mahal.


·         Kombinasi Hebel dan Bata merah
Untuk  menggabungkan Kelebihan antara Hebel dan Bata merah dan mereduksi kelemahannya maka ada baiknya perlu dikombinasikan keduanya. Misalkan untuk rumah 2 lantai. Pada lantai dasar/1 kita gunakan Bata merah sedangkan untuk lantai 2 kita memakai Hebel.
·         Panel Beton / Hebel
Panel beton adalah  dinding  pabrikasi yang  merupakan  cara  terbaru  yang  akhir-akhir ini banyak dipakai di apartemen-apartemen, bermaterialkan beton /hebel yang dibentuk sesuai lebar dan tinggi ruangan, langsung instalasi dengan pengerjaan jauh lebih cepat dengan volume lebih banyak, namun harganyapun relative tinggi.



4. Skill  Tukang yang mumpuni dan Berpengalaman

Tukang adalah instrument pembangun rumah kita karena factor dialah yang menentukan rumah kita jadi baik atau jelek, untuk itu teliti, Cermat dan tahu track record seorang tukang mutlak diperlukan, Jangan sampai terbuai oleh penawaran tukang yang murah namun kita tidak tahu track recordnya sehingga akan sangat merugikan kita pada akhirnya.



1 komentar: