Senin, 30 Desember 2013

8 Hal Yang bikin Rumah kita Bocor

Musim penghujan telah datang dengan membawa berbagai macam masalah dan segala tantangannya diantaranya yaitu kebocoran yang terjadi dan berakibat ketidaknyamanan dirumah kita. banyak biaya dan waktu yang kita curahkan untuk mengatasi berbagai masalah yang diakibatkan oleh kebocoran ini, akan tetapi jika kita tidak paham dan tidak jeli dalam mengatasi masalah ini maka yang akan terjadi justru sebaliknya yaitu kebocoran semakin parah dan tidak selesai sedangkan biaya sudah terlanjur dikeluarkan begitu banyak sedangkan hasilnya nihil. 

Sebenarnya masalah ini tidak akan terjadi jika kita maupun kontraktor perumahan paham dengan hal-hal yang mengakibatkan timbulnya masalah kebocoran ini.Berikut ini 7 hal yang dapat mengakibatkan masalah kebocoran beserta solusinya :

1  1.   Kualitas Genteng dan teknik pemasangannya Banyak sekali orang meremehkan masalah kualitas genteng karena mungkin beranggapan tidak  begitu tampak dipandang serta mengeluhkan harganya, padahal genteng yang berkualitas itu sangat presisi dalam pemasangannya, kuat terhadap benturan dan angin,serta sangat minim celah antar genteng  yang bisa berakibat bocornya atap kita.
k    oleh karena itu jangan ragu untuk membeli genteng yang berkualitas karena antisipasi kebocorannya sangat tinggi.Sebagus apapun genteng jika Instaler / tukang ceroboh dan sembrono dalam pemasangannya maka  juga akan sia-sia.oleh karena itu pengawasan yang ketat dalam proses pemasangan mutlak diperlukan.

    2.      Design Atap dan Penempatan Talang

Design atap yang rumit dengan sudut kemiringan yang rendah ikut andil dalam menimbulkan masalah kebocoran karena air hujan menjadi terhambat dan tidak lancer proses pembuangannya.selain itu Design talang yang berada ditengah atau pertemuan atap satu dengan lainnya sangat rawan menimbulkan kebocoran oleh karena itu sebaiknya buatlah design atap yang mudah dan sederhana.

3.    Nok dan Ban – banan

Nok dan Ban-banan adalah pertemuan /akhir/ ujung dari atap yang treatmennya berupa semen + pasir dengan penutup genteng Nok atas/samping dengan finishing Acian  dan Waterproof
Masalah kebocoran sering muncul disini yang mana sering terjadi keretakan dan kerusakan sehingga saat terjadi hujan air masuk dan merembes melewati ini.

Untuk itu di awal perlu diperhatikan saat pembuatannya, serta jika sudah terjadi bisa dibuat ulang ataupun jika hanya retak cukup dilapisi Aquaproof  beserta serat ataupun sejenisnya.

     4.  Talang Karpet , Seng dan dak  Talang adalah penampung air hujan yang berasal dari genteng untuk itu ia salah satu penyebab kebocoran , perlu diperhatikan kemiringan jalur pembuangannya, sambungan talang dan besarnya talang yang berpengaruh dalam menampung volume air huja yang masuk kedalamnya.
Jenis talang dari yang termurah sampai yang mahal : Talang Karpet , Seng dan dak memiliki kelebihan dan kekurangan, namun begitu treatmennya berbeda juga.
a.        Talang Karpet : murah harganya namun tidak awet maka dalam beberapa tahun harus diganti (sudah keropos)
b.       Talang Seng / Galvanis : Agak mahal dibanding karpet, namun lebih kuat dari karpet, jarang bocor tapi perlu diperhatikan sambungannya (disorder )
c.       Talang Dak adalah talang paling kuat diantara lainnya, sedikit kebocoran namun biayanya paling mahal, perlu diperhatikan talang tersebut wajib di Waterproof  krn masih rawan rembesan air yang berakibat terjadinya kebocoran.

       5. Dinding tanpa Waterproof

Dinding sisi luar dan tidak terlindungi oleh atap mutlak memerlukan treatment Cat waterproof karena keberadaannya yang tidak terlindungi atap maka hembusan angin yang membawa air dapat merembes kedalam dinding rumah yang berakibat kebocoran.

       6.  Sambungan Instalasi Air bersih dan  kotor
Perlu diperhatikan Instalasi jalur pembuangan air kotor maupun air bersih terutama di percabangan maupun sambungan belokannya (Keni) yang jika proses penyambungan yang kurang sempurna maka disitulah bocor akan terjadi (terutama di atas plafon).

     7. Atap Dak dan Lantai Kamar mandi lantai 2 tanpa Waterproof
Perlu untuk diperhatikan lantai kamar mandi yang menampung air dan Atap Dak sangat berpotensi menampung air maka jalur pembuangan wajib lancar dan mutlak memerlukan treatment Waterproof.

     8. Instalasi  Eksternal yang tidak sesuai prosedur.

Ketika kita sedang melakukan Instalasi perangkat baru misalkan pemasangan AC, Penangkal Petir ataupun Instalasi Listrik secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap rumah kita, maka kejelian, ketelitian dan profesionalime mutak diperlukan untuk meminimalisasikan dampak yang akibatkannya. Dalam hal ini pemasangan AC, Penangkal Petir dan Instalasi Listrik tambahan  dalam pengalaman kami sering menimbulkan kebocoran rumah.




1 komentar:

  1. Menarik, jadi nambah ilmu nih.
    Izin berbagi artikel arsitektur rumah ya.
    Tentang Tips Cara Membuat Rumah Kayu, siapa tahu bisa bermanfaat.
    Terima kasih

    BalasHapus