Selasa, 31 Desember 2013

3 Trik dan Tip Memiliki Plafon yang Berkualitas

Plafon atau eternet merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Sebenarnya secara  fungsi plafon adalah sebagai peredam panas dari radiasi sinar matahari dari genteng rumah disiang hari karena ia berfungsi sebagai bantalan udara atau insulator panas, selain itu plafon juga berfungsi penahan debu, angin, hewan berbahaya  serta benda-benda asing lainnya yang berasal dari atap rumah kita.Plafon juga berfungsi menyembunyikan Instalasi Listrik, telepon , Anthena maupun penangkal petir yang dapat mengganggu keindahan dari rumah kita.

Secara Arsitektural  keberadaannya yang berada di langit langit rumah kita memberikan nuansa tersendiri yang dapat memperindah maupun mempercantik rumah bahkan dengan design yang cemerlang plafon itu bahkan memberi kesan yang mewah, luas dan menyenangkan terhadap rumah kita yang mungkin sebenarnya tidak besar.

Akan tetapi keindahan plafon yang diharapkan tidak akan terwujud jika Pemilihan Material Plafon, Tekhnik pemasangan, serta Finishingnya tidak tepat justru yang akan terjadi sebaliknya yaitu berantakan dan terlihat murahan.

Berikut ini 3 Trik dan Tip untuk memiliki Plafon yang berkualitas :

1. Pemilihan Material, 
Ini merupakan element penting untuk mendapatkan plafon yang berkualitas. Biasanya Gypsum sebagai material utama dengan kualitas yang baik memang harganya lebih mahal, namun kelebihan materialnya : Ringan, Tidak mudah lentur, kepadatan dan daya tekannya stabil sehingga tidak mudah melengkung.
Jika memaksakan menggunakan material yang murah biasanya berat, mudah melengkung serta proses finishing lebih sulit.


2. Tekhnik Pemasangan dan Kualitas Tukang
Secara prosedural pemasangan plafon itu tidak asal pasang begitu saja akan tetapi ada beberapa tahapan serta alat yang sangat penting untuk tidak ditinggalkan karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas plafon yang dihasilkan. Adapun prosedur yang wajib dilakukan antara lain :

a. Pemasangan Rangka yang lurus dan rata pada setiap dindingnya, biasanya tukang menggunakan Selang kerja ataupun Waterpass untuk memastikan ketinggian yang sama antar dinding satu dengan lainnya.

b. Gunakan Benang yang dihubungkan antar rangka dinding satu dengan lainnya untuk memastikan Rangka plafon itu lurus dan rata.

c. Saat pasang Gypsum hendaknya ada sekrup terpasang cukup dan tepat agar plafon melekat sangat erat dan tidak mudah jatuh.


3. Finishing Sempurna

Ada dua tahapan dalam finishing plafon yaitu : Pengomponan dan Pengacatan , kedua tahapan ini merupakan suatu tahapan finishing yang sangat penting dari Plafon yang berkualitas.

a. Pengomponan, adalah tekhnik menyambung panel gypsum satu dengan panel gypsum lainnya menggunakan semen perekat (biasanya berwarna putih). Tahapan ini berfungsi untuk menghilangkan atau meniadakan bekas sambungan panel gypsum sehingga sambungan terkesan tidak ada. ada 2 trik penyambungan ini :

1. Gunakan Kasa penyambung antar panel gypsum sisi panjangnya .

2. Untuk sisi pendek hendaklah dibuat cekungan menggunakan pisau Cutter karena untuk sisi panjangnya sudah disediakan pabrik.

b. Pengecatan yang sempurna

Hendaknya sebelum di cat Plafon Gypsum yang sudah di Compon dilakukan Penghalusan atau di Ampelas menggunakan Ampelas no 120 agar sebelum benar benar dicat.
Perlu diperhatikan ampelas hanya dilakukan di tiap sambungan maupun bekas sekrup pada gypsum. karena  pada dasarnya gypsum yang berkualitas itu sudah rata dan siap di Cat.





Jakarta, 31 Desember 2013
Penulis


Dhian Kurniawan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar